ITime.id – Ekonomi & InspirasiBisnis 5 November 2025. mukena kini menjadi salah satu peluang usaha yang paling menjanjikan di kalangan pelaku UMKM Indonesia. Permintaan tinggi, tren fashion muslimah yang terus berkembang, serta meningkatnya kesadaran masyarakat akan produk lokal membuat usaha mukena kian menggiurkan untuk digeluti.

Tak hanya menjelang bulan Ramadan, penjualan mukena juga stabil sepanjang tahun. Hal ini karena mukena bukan lagi sekadar perlengkapan ibadah, tetapi juga bagian dari gaya hidup dan identitas muslimah modern.
Beragam model dan bahan menjadi daya tarik tersendiri. Dari mukena berbahan katun Jepang, rayon premium, hingga sutra halus — semuanya memiliki pasar tersendiri, baik di dalam negeri maupun luar negeri.
Salah satu pelaku usaha mukena, sebut saja Rina Collection asal Jawa Tengah, mengaku omzetnya bisa meningkat hingga 300 persen saat memasuki bulan Ramadan. “Kuncinya di desain dan kualitas. Banyak pelanggan yang mencari mukena dengan motif eksklusif dan bahan adem untuk kenyamanan saat beribadah,” ujarnya.
Kini, banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan platform digital seperti Instagram, TikTok Shop, dan marketplace untuk memasarkan produk mereka. Dengan modal relatif kecil, siapa pun bisa memulai bisnis ini dari rumah.
Selain pasar lokal, mukena buatan pengrajin Indonesia juga mulai diminati pembeli dari Malaysia, Brunei, hingga Timur Tengah. Ini membuktikan bahwa produk mukena memiliki potensi ekspor yang kuat dan berdaya saing tinggi.
Dengan kreativitas, inovasi desain, serta strategi pemasaran digital yang tepat, usaha mukena terbukti menjadi ladang bisnis yang menguntungkan. Dari rumah kecil, omzet besar pun bisa diraih — menjadikan mukena bukan sekadar produk ibadah, tetapi juga simbol kebangkitan ekonomi kreatif umat.
Reina
